Halaman

Selasa, 04 Januari 2011

The Perfect Storm - Kisah Manusia Melawan Badai

Jujur. Sebenarnya agak bingung menilai fim ini. Film ini dibintangi Captain Billy Tyne (George Clooney), Robert "Bobby" Shatford (Mark Wahlberg), Dale "Murph" Murphy (John C. Reilly), David "Sully" Sullivan (William Fichtner), Michael "Bugsy" Moran (John Hawkes), dan Alfred Pierre (Allen Payne).


Diawalnya disebutkan kalau film ini berdasarkan kisah nyata. Tapi diakhir film, semua tokoh utama tewas karena karamnya kapal terkena gelombang raksasa. Lalu, bagaimana film ini bisa dinyatakan sebagai film yang berdasakan kisah nyata? Bagaimana film tersebut bisa menggambarkan kedaaan dengan sangat detil?

Saya coba mencari dan ternyata ....Ooohhh, film ini berdasarkan buku yang ditulis Sebastian Junger dengan judul yang sama “The Perfect Storm” sedangkan buku itu ditulis berdasarkan interview dengan orang-orang Gloucester sehingga dianggap berdasarkan kisah nyata. Pertanyaannya, haruskah kita lebih dulu membaca buku, menonton film & menelaah kejadian sebenarnya untuk membandingkan fakta & rekaan dalam film? Agak berat kalau kita lakukan itu, sebaiknya kita anggap bahwa film yang berdasarkan buku itu memang murni berdasakan kisah nyata. Tinggal kita menelaah kejadian di film dengan kehidupan sebenarnya, lagipula penulisnya menyatakan :

"I was a little wary of Hollywood, but then I saw the screenplay and I was struck by how they tried to stay as close to the book as possible."

Kira-kira maksudnya walaupun di-film-kan, tulisan di naskah tetap dicoba untuk sedekat mungkin dengan isi buku.


Sebelum kita masuk ke hidangan utama, kita lihat dulu hidangan pembuka di trailer



Cerita Film


Film yang dibuat tahun 2000 ini bercerita tentang sekelompok nelayan yang berasal dari Gloucester, Massachusetts, AS. Diawali dengan kedatangan para nelayan dari awak kapal Andrea Gail yang berlabuh setelah menangkap ikan. Masing karakter punya latar belakang tersendiri, Billy sang kapten ialah ayah dari 2 anak perempuan. Bobby punya hubungan dengan Christina 'Chris' Cotter (Diane Lane). Chris sendiri tidak ingin Bobby pergi karena merasa akan terjadi hal buruk dalam perjalanan nanti. Dale "Murph" Murphy, nelayan berpengalaman yang selalu cekcok dengan David "Sully" Sullivan. Percecokan mereka selesaikan di atas kapal karena ada peristiwa Murph menolong Sully.

Andrea Gail berlayar dari dari Gloucester pada 20 September 1991 menuju Grand Banks. Karena hasil tangkapan yang kurang bagus, mereka memutuskan untuk pergi mencari ikan ke wilayah yang kaya ikan di Flemish Cap.

Saat hasil tangkapan ikan mereka sudah banyak, ada kendala di mesin pendingin kapal, sehingga mereka memutuskan untuk kembali pulang. Dan saat itu, sang kapten juga memberi informasi tentang keadaan cuaca yang buruk. Informasi tersebut berasal dari kapten kapal Hannah Boden Linda Greenlaw.

Disaat sama, ada yacht ditengah lautan bernama Mistral. Mistral berisi pemilik dan 2 perempuan penumpang. Perdebatan antara mereka terjadi karena pemilik kapal tetap ingin mengarungi lautan sedangkan 2 penumpang itu tidak mau karena cuaca yang sangat buruk. Ada saat dimana perahu tersebut terguling hingga 360 °. Karena panik 2 penumpang tersebut menghubungi penyelamat pantai (Coast Guard) hingga akhirnya pemilik dan 2 penumpang itu diselamatkan.

Setelah penyelamatan Mistral, Coast Guard berusaha menyelamatan Andrea Gail, malang bagi Coast Guard, helikopter yang mereka gunakan kehabisan bahan bakar, mereka mencoba melakukan pengisian bahan bakar tapi gagal hingga akhirnya helikopter terpaksa mendarat darurat di laut dan para penyelemat diselamatkan oleh rekan mereka.

Ditengah lautan yang ganas tinggal Andrea Gail yang berjuang menyelamatkan diri sendiri.

Badai saat itu dapat menghasilkan gelombang laut yang sangat tinggi hingga menghempaskan Andrea Gail. Semua awak berusaha menyelamatkan diri tapi tidak bisa karena pintu kabin terkunci terkecuali Billy & Bobby yang saat itu ada di ruang kemudi. Saat itu Billy sempat minta maaf karena telah mengajak Bobby ke laut & Billy mengajak Bobby keluar untuk menyelematkan diri tapi saat Bobby sudah berhasil keluar, Billy kembali masuk ke dalam kapal. Kita lihat saat terakhir di saat terakhir

Tulisan Lain


Tentang Perfect Storm atau Andrea Gail kita akan dapat banyak sumber, dari Wikipedia sendiri kita akan mendapatkan tulisan seperti dibawah ini:

Andrea Gail adalah kapal nelayan yang hilang pada saat mencari ikan di laut dan diabadikan kisahnya dalam film Perfect Storm produksi tahun 1991. Andrea Gail mempunyai panjang 72 kaki yang dibuat di Panama City, Florida, Amerika pada tahun 1978 dan bernama asli "Miss Penny".

Andrea Gail mengarungi perjalanan terakhirnya dari Gloucester pada 20 September 1991 menuju Grand Banks. Setelah mengalami hasil tangkapan yang kurang begitu baik di Grand Banks, Kapten Billy Tyne berencana akan mengarungi lautan menuju wilayah yang kaya ikan di Flemish Cap.

Kapal nelayan itu kembali menjelajah lautan untuk mencari ikan pada tanggal 26 Oktober 1991. Laporan kontak terakhir dari Andrea Gail sekitar jam 18:00 sore waktu setempat pada 28 Oktober 1991.

Kapten Tyne melaporkan kordinatnya terakhirnya pada 44 derajat lintang utara dan 56,4 derajat bujur barat atau sekitar 180 mil (330 km) timurlaut dari Pulau Sable.

Dia juga melaporkan keadaan tinggi gelombang laut 30 kaki (9 m) dan kecepatan angin diatas 80 knots (148 km/jam). Pada saat itu memang tengah terjadi badai di tengah laut dekat mereka berlayar mencari ikan. Kapten Tyne pada kontak terakhirnya sempat yang terekam adalah, "She's comin' on boys, and she's comin' on strong!"

Badai saat itu dapat menghasilkan gelombang laut setinggi hingga 100 kaki (hampir 30 meter), dan ombak tersebut menghempaskan Andrea Gail dan keenam awak kapalnya ditengah laut sekitar Pulau Sable.

Tidak ada laporan dan pesan lebih lanjut mengenai suara terakhir sang kapten dan tidak ada kapal lain yang melaporkan mendengar panggilan kemalangan lainnya dari kapten kapal Andrea Gail. Pada 30 Oktober 1991, kapal nelayan Andrea Gail dinyatakan hilang dan karam. Sebuah pencarian besar-besaran segera diadakan oleh 106th Rescue Wing dari New York Air National Guard, States Coast Guard dan Canadian Coast Guard. Luas kawasan pencarian oleh ketiga tim mencakup wilayah seluas 400.000 km²

Pada tanggal 8 November 1991, Andrea Gail emergency position-indicating radio beacon (EPIRB) ditemukan terhanyut dan mendarat dipantai Pulau Sable.

Keadaan Sesungguhnya

Nama tokoh dan peristiwa karamnya kapal Andrea Gail memang benar-benar ada. Pihak keluarga sendiri menggugat produser di pengadilan distrik federal di Florida dengan alasan nama pelaut itu digunakan tanpa izin dari mereka.

Antara Sully dan Murph yang memiliki hubungan antagonis terus-menerus didorong oleh hubungan Sully dengan mantan istri Murph meskipun rinciannya tidak dibuat jelas dalam film.


Ada sedikit perbedaan antara film & keadaan sesuangguhnya. Untuk yacht bernama Mistral, aslinya yacht itu bernama Satori dan pemilik serta penumpang tidak pernah diwawancarai oleh Sebastian Junger dalam pembuatan bukunya. Menurut Menurut putra pemilik, Satori tidak pernah berputar 360 ° karena akan membuat kerusakan pada tiang perahu. Pemilik Satori memang ingin terus berlayar sedangkan dua awak kapal perempuan panik dan mengirim panggilan Mayday melalui radio ke Coast Guard. Masih menurut putra pemilik, Coast Guard memerintahkan semua keluar -termasuk pemilik perahu - dan hal pertama yang Coast Guard lakukan ialah mencoba membawa mereka dengan perahu karet. Tapi karena perahu karet rusak ketika mencoba untuk mendekati Satori, Coast Guard mengirim helikopter.

Helikopter sendiri tidak coba menurunkan tali alat penyelamatan (seperti yang terlihat dalam film, karena bisa terlilit tiang kapal). Coast Guard meminta kru Satori melompat ke laut dan menuju ke para penyelamat. Dan helicopter tersebut mendarat darurat di atas air (laut) dan kehilangan anggota kru.

Kisah terakhir karamnya perahu Andrea Gail yang digambarkan secara detil di film cuma rekaan. Rob Jagodzinski menulis "The Perfect Storm" mengandung kelemahan -konstruksi buku tampaknya canggung dalam beberapa hal karena penulis tidak memiliki cara untuk mendokumentasikan jam terakhir Andrea Gail.

Seluruh bagian tentang cara Andrea Gail tenggelam sarat dengan dugaan. Bahwa bagian dari buku ini tampaknya menyesatkan, karena tak seorang pun akan tahu persis bagaimana atau mengapa kapal (Andrea Gail) tenggelam, dan tak seorang pun akan tahu apa yang terjadi melalui pikiran awak kapal di saat-saat terakhir mereka - meskipun Junger menempatkan pikiran ke kepala mereka. Junger mencoba menambahkan dalam skenario hal yang paling masuk akal tenggelamnya (kapal Andrea Gail), sebagian dengan menggunakan cerita / sketsa dari perahu di laut yang selamat dari badai.

Akhir Tulisan

Apa yang dinyatakan diawal bahwa film ini berdasarkan kisah nyata ternyata tidak sepenuhnya nyata.

wikipedia, gclooney.com, gloucestertimes.com

Jika ada tulisan yang tidak mengandung unsur fakta, tolong koreksi, saya akan senang sekali merubah tulisan saya.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Maaf koment sebelumnya terhapus secara tidak sengaja

    BalasHapus