Halaman

Selasa, 22 Februari 2011

Ip Man 2


Saya yakin akan sangat mudah bagi kita untuk mengetahui mana fakta mana rekayasa dalam film Ip Man 2. Film yang masih  dibintangi Donnie Yen,  Fan Siu-wong, Simon Yam, Lynn Hung dan lain-lain ini jelas   merupakan kelanjutan Ip Man 1 yang rencananya akan dibuat trilogi. Kenapa saya bilang akan sangat mudah? karena kalau kita sudah baca Ip Man 1 sebelumnya, banyak sekali yang bersifat fiktif.

Atas dasar itulah saya tidak akan membahas secara detil alur cerita dalam film, saya akan langsung ke perjalanan hidup Ip Man sesungguhnya ketika di Hongkong.

Film

Film kedua dimulai dengan pendaratan Ip Man di Hongkong tahun 1949 atau 1950 yang saat itu berada dalam genggaman koloni Inggris. Sampai di Hongkong, beliau mendirikan perguruan Wing Chun dan mendapat beberapa murid namun beliau juga mendapat hambatan dari para guru kungfu termasuk Hung Chun-nam (Sammo Hung).

Kisah film berlanjut dari bagaimana Ip Man mempertahankan perguruannya sampai akhirnya bertarung dengan petinju Inggris The Twister. Mari lihat trailernya.




Fakta

Perjalanan hidup Ip Man di Hongkong itu sendiri bermula di tahun 1949, saat berumur 56 tahun. Ip Man pergi ke Hong Kong melalui Macau. Ip tinggal 2 minggu di Cho Dui Street dengan teman-teman yang memiliki sebuah toko burung.

Di tahun 1950 Pada bulan Juli 1950 -1953, melalui pengenalan Lee Man , Ip Man mulai mengajar di Tai Lam Street, Shamshuipo, Kowloon. Kelas pertama Wing Chun untuk Asosiasi Pekerja Restoran. Hanya ada beberapa orang termasuk Leung Sheung, Lok Yiu di kelas pertama. Kemudian, kelas ini diikuti oleh Tsui Sheung Tin, Yip Bo Ching, Chiu Wan, Lee See Wing, LawPing, Man Siu Hung dan lain-lain. Perode ini disebut periode 1 Asosiasi Pekerja Restoran.

Ip Man juga mengajar di Restoran Serikat Pekerja Kantor Pusat, Sheung Wan di Hong Kong Island. Siswa yang ada termasuk Lee Wing, Yue Mei Raja, Lee Ngan Foon dan lain-lain.

Tahun 1953 Sekolah itu pindah ke Hoi Tan Street. Murid pada waktu itu Wong Shun Leung, Wong Kiu, Wong Chok, Ng Chan dan lain-lain. Ip Man juga mengajar les privat di Three Princes Temple di Yui Chow Street, Shamshuipo. Siswanya ialah Lee Hon dan lain-lain.

Tahun 1954 Sekolah itu pindah kembali ke Restoran Serikat Pekerja Markas Besar, Sheung Wan. Periode ini disebut tahap berikutnya dari Asosiasi Pekerja Restoran.

Tahun 1955 - 1957 Yip Man memindahkan sekolahnya ke Lee Tat Street, Yaumatei, Kowloon. Siswa seperti Chow Tze Chuen, Chan Shing, Cheung Hok Kin (Hawkins Cheung), Siu Yuk Man, Poon Ping Lid, Pang Kam Fat dan lain-lain. Disini pulalah muncul seseorang yang kemudian jadi legenda, Lee Siu Lung alias Bruce Lee. Saat itu umur Ip Man sekitar 62-64 tahun.

Aslinya Bruce Lee lahir pada 27 November 1940, jadi umur Bruce Lee saat belajar pada Ip Man ialah 15 tahun. Mungkin kita akan terkejut saat tahu kalau di film tokoh Bruce Lee diperankan anak berumur sekitar 6 tahun. Hehehehe


Ip Man & Bruce Lee
Setelah membahas perbedaan antara film dan perjalanan hidup Ip Man, saya akan coba menelusuri nama-nama yang ada dalam film yang akan hubungkan dengan fakta.

Beberapa tokoh sentral yang berperan dalam film ialah,  

  • Donnie Yen sebagai Ip Man (葉問) – Jelas ada karena tokoh ini yang sedang kita bicarakan.
  • Sammo Hung sebagai Hung Chun-nam (洪震南) – Ahli kungfu beraliran Hung Ga, yang awalnya menentang keberadaan Ip Man tapi kemudian menjadi sahabat. Saya tidak bisa menemukan profilnya kecuali di film. Jadi, tokoh ini cuma rekaan.

  • Simon Yam sebagai Chow Ching-chuen (周清泉) – Pengusaha yang juga kawan Ip Man yang tertembak kepalanya, di Hongkong beliau menjadi pengemis. Tokoh ini nyata, tapi saya tidak ada bukti bahwa beliau tertembak kepalanya & jadi pengemis di Hongkong. Hubungan mereka terjadi selama di Foshan sekitar tahun 1937 - 1945. Saat Ip Man jatuh miskin, Chow Ching-chuen lah yang membantu keuangan Ip Man. Sebagai gantinya, Ip Man mengajari kungfu ke Chow Kong Yiu anak Chow Ching-chuen. Di film Ip Man 1, beliau mengajari pekerja pabrik untuk menghalau kelompok Jin Shanzhao.

  • Fan Siu-wong sebagai Jin Shanzhao (金山找) – Ahli kungfu yang pada film Ip Man 1 menjadi bandit namun di Ip Man 2 menjadi teman dekat Ip Man. Tokoh ini juga cuma rekaan.
  • Lynn Hung sebagai Cheung Wing-sing (張永成) – Istri Ip Man. Tokoh nyata. Dari perkawinannya lahir 4 anak, 2 anak laki-laki Yip Hok Chun (Yip Chun), Yip Hok Ching (Yip Ching) 2 anak perempuan Yip Ar Sum and Yip Ar Woon.

  • Huang Xiaoming sebagai Wong Leung (黃梁) – Murid pertama Ip Man di Hongkong. Tokoh ini nyata tapi jalan ceritanya cuma rekaan.

  • Charles Mayer sebagai Wallace – Polisi korup atas Wallace. Tokoh ini cuma rekaan.
  • Kent Cheng sebagai Fatso (肥波) – Polisi yang bekerja di bawah Inspektur Wallace. Tokoh ini cuma rekaan.

  • Pierre Ngo sebagai Leung Kan (梁根) – Pemimpin redaksi kantor berita, Tokoh ini juga cuma rekaan.

  • Calvin Cheng sebagai Chow Kwong-yiu (周光耀) – Anak Chow Ching-chuen, yang juga bekerja di kantor berita Leung Kan. Tokoh nyata tapi alur ceritanya yang rekaan.

    Jiang Daiyan sbg Bruce Lee kecil
  • Darren Shahlavi sebagai Taylor "The Twister" Milos (龍捲風) – Petinju asal Inggis yang bertarung dengan Ip Man. Tokoh rekaan.
  • Jiang Daiyan sebagai Bruce Lee (李小龍) – Jelas tokoh ini benar-benar nyata tapi alur ceritanya  cuma rekaan.




Kesimpulannya, saya pikir pembaca sudah punya asumsi sendiri untuk membuat kesimpulan...

wikipedia, hkwingchun,youtube

Jika ada tulisan yang tidak mengandung unsur fakta, tolong koreksi, saya akan senang sekali merubah tulisan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar